Praktikum Basis Data telah tiba (apa hubungannya?), karena praktikum ini menggunakan XAMPP, dan saya pengguna Linux (walopun dual boot), jadilah blog yang berjudul Install Xampp di Ubuntu. walaupun sudah banyak yang membahas judul ini, akan tetap saya posting sesuai modifikasi saya, monggo dipun simak :))

  • Download XAMPP versi 1.7.3a disini

  • Masuk ke terminal sebagai root

sudo su

  • Extrak file donload ke /opt dengan perintah

tar xvfz xampp-linux-1.7.3a.tar.gz -C /opt

  • Jalankan xampp dengan perintah

/opt/lampp/lampp start

  • Jika sudah berhasil di terminal akan seperti ini

Starting XAMPP for Linux 1.7.3a...

XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)...

XAMPP: Starting MySQL...

XAMPP: Starting ProFTPD...

XAMPP for Linux started.

  • Untuk mencobanya, silahkan ketik http://localhost di browser anda

  • Untuk menghentikan XAMPP

    /opt/lampp/lampp stop

Apabila kurang jelas bisa berkunjung kesini

Banana Lv 1Banana Lv 1

6 komentar:

dafhy mengatakan...

tutorial yang menarik mas. saya masih belum familiar dengan xxamp di ubuntu, dulu biasa di windows. kendala saya masih bingung mengolah gambar dengan gimp.

Andy MSE mengatakan...

kalau pakai Linux saya nggak repot install XAMPP atau LAMPP melainkan langsung install apache, php, sql... di Ubuntu yang saya gunakan, tinggal sudo apt-get install bla.bla.bla... localhost langsung bisa dipanggil... :e:
kayaknya di blog mashendri ada tutorial lengkapnya deh!
begitupun, install LAMPP di Linux tetap punya keunggulan tersendiri misalnya bagi yang suka gonta-ganti distro... install saja LAMPP di partisi sendiri, walaupun Linux-nya ganti2 tetap bisa digunakan...
salam sukses!!!

mamik mengatakan...

@bang dafhy~
sama bang,,aku juga baru belajar xampp maupun Gimp...
pokok'e semangat trus untuk suatu hal yang baru....
@pak Andy MSE~
waooww,,penjelasan pak Andy membuat saya terharu...:a:
trimakasih atas penjelasannya (great job) pak....

Anonim mengatakan...

hah..!! sesuk njaluk Xampp ra usah donlod...!!!

nearie mengatakan...

nais info gan..maju terus open source Indonesia..salam kenal :D

neorenggana mengatakan...

mantap saya coba gan.. :D

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

dua, tiga sapi makan nangka...
yang komen disini dapat pahala...

mAmIk blOg